The Blog

Jambi, 22-23 Januari 2024, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (PS-THP) Fakultas Pertanian Universitas Jambi melaksanakan Akreditasi Internasional (AI) yang diselenggaran oleh ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) yang  merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi. Pada kegiatan akreditasi ini, asesor yang hadir adalah Prof. Mathias Gauly dari University Bozen-Bolzano, Prof. Dr. Siegfried Bolenz dari Neubrandenburg University of Applied Scienes, Prof. Dr. Jürgen Braun dari Nuertingen-Geislingen University, Almansyah Sinatrya dari Tobaco Leaf, dan Fitria Yasmin Mazaya dari Gadjah Mada University serta perwakilan dari ASIIN, Daniel Seegers. Rangkaian kegiatan akreditasi ini dilakukan di gedung Rektorat Universitas Jambi.

Pada kegiatan ini, ada tiga prodi yang diakreditasi, yaitu Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Teknologi Agribisnis, dan Teknologi Agroekoteknologi yang merupakan tiga program studi yang berada di Fakultas Pertanian Universitas Jambi. Akreditasi Internasional ini dibagi menjadi beberapa sesi, yaitu (1) sesi meeting tim ASIIN, (2) pembukaan dengan pimpinan universitas baik dari rektorat, dekan, ketua jurusan, dan prodi, (3) pertemuan dengan prodi dan tim prodi, (3) kunjungan ke laboratorium, (4) pertemuan dengan mahasiswa dan alumni, (5) pertemuan dengan dosen, (6) pertemuan dengan pengguna alumni dan mitra, dan (7) penutup.

Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (PS-THP) telah lama melakukan persiapan akreditasi internasional tersebut. Ada beberapa kegiatan yang telah dilaukan, diantaranya workshop kurikulum berbasis OBE, workshop persiapan dokumen, kunjungan keUGM (Yogyakarta), UNHAS (Makasar) dan UNESA (Surabaya), Bimbingan Teknis terkait ASIIN, dan beberapa kegiatan lainnya. Selain itu, Prodi THP juga banyak menyelenggarakan kegiatan internasional seperti mengirim mahasiswa ke Malaysia dan German, kuliah umum dengan menghadirkan narasumber Internasional dari Thailand, Malaysia, India, dan Arab Saudi serta narasumber dari Indonesia seperti dari IPB University, UNSRI, UGM, UNHAS, UNDIP dan beberapa kampus ternama lainnya, dan yang terbaru adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi THP yaitu Indonesian Food Science and Technology Journal berhasil terindeks scopus. Di Tahun 2023, prodi THP juga menerima mahasiswa asing dan membuka kelas internasional.